Dampak Beberapa Genre Musik

Written By Arga Anugrah on Jumat, 28 Oktober 2011 | 11.07.00

Media musik adalah salah satu media hiburan yang banyak disukai oleh khalayak ramai, anak kecil, remaja bahkan orang tua sekalipun. Sehingga musik dapat dibedakan menjadi berbagai kelompok dan golongan. Contoh 
yang paling kongkrit dan nyata dalam kehidupan kita sehari-hari seperti musik untuk anak-anak, musik untuk remaja dan musik untuk orang tua yg berusia sekitar 40 tahun keatas.

Sebenarnya musik mempunyai berbagai genre atau aliran. Mulai dari yang melankolis sampai yang cadas dan terkesan liar. Dari genre-genre musik tersebutlah tercipta suatu pola pikir dan gaya hidup dalam masyarakat. Genre-genre musik tersebut antara lain pop, rock, jazz, punk, R N B, hiphop, underground, metal dll. Dari genre-genre musik tersebut nampak sekali style yang berbeda-beda dan juga pemahaman dan pola pikir yang berbeda-beda juga.

Dari pemahaman dan pola pikir yang berbeda-beda tersebut, terdapat ideologi yang tertanam dalam masing-masing genre. Bahkan dari beberapa genre musik mempunyai ideologi yang sangat kental sekali dan ideologi tersebut telah merubah semua yang ada dalam diri para pencinta genre musik tersebut, sampai-sampai gaya hidup dan pola pikir mereka.

1. Musik klasik




















Musik klasik adalah jenis musik yang sering melibatkan orkestra besar dan biasanya tanpa ada iringan vokal. Musik klasik memiliki kecenderungan untuk menenangkan tubuh dan merangsang pikiran. Jenis musik ini telah ditemukan dapat mengurangi stres (bahkan untuk orang yang tidak terlalu menyukai musik klasik) dan meningkatkan kecerdasan jenis tertentu seperti kemampuan verbal dan penalaran spasial-temporal.

Musik jenis ini tidak membuat Anda lebih cerdas, melainkan menyediakan lingkungan yang ideal untuk berpikir. Sebuah studi yang dilakukan di Hong Kong pada 90 anak laki-laki berusia antara 6 dan 15 tahun, ditemukan bahwa anak-anak yang belajar bermain musik dengan program orkestra sekolah memiliki kemampuan memori verbal yang lebih tinggi dan dapat belajar kata-kata yang lebih baru dibandingkan dengan anak-anak yang tidak menerima pelatihan musik.

Mendengarkan musik klasik juga memiliki efek yang sangat menenangkan detak jantung dan dapat membantu bagi orang dengan penyakit jantung.


2. Musik Rock
Mendengarkan musik rock dapat memberikan adrenalin tidak seperti jenis musik lain. Jika Anda tidak suka mendengarkan musik rock, maka mendengarkannya dapat membuat Anda merasa marah dan kesal serta peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. Namun, jika Anda menikmati mendengarkan jenis musik ini maka dapat membantu menghilangkan stres tanpa mempengaruhi denyut jantung atau tekanan darah.

3. Musik JAZZ




















Genre musik ini telah dikenal dan dalam pandangan masyarakat sebagai musik orang berduit atau orang kaya. Musik ini kebanyakan berirama mellow tetapi ada unsur dance atau dansa didalamnya. Sehingga musik seperti ini menjadi musik yang dipakai oleh orang-prang borjuis untuk berdansa. Gaya atau style dari para pemusik jazz ini sangat rapi, biasanya memakai jas dan berdasi. Sehingga pola pikir masyarakat tentang musik ini adalah musik tersebut adalah musiknya orang kaya.

Contoh selanjutnya adalah genre musik punk. Genre musik ini berasal dari Negara Inggris, dan sekarang genre ini telah berkembang hampir di seluruh negara di dunia termasuk Indonesia.

4. Musik PUNK 

















Berlatar belakang sekelompok masyarakat yang anti terhadap aturan dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat, pola pikir dan pemahaman mereka adalah bebas tanpa terikat dengan aturan apapun. Hal tersebut mereka tunjukan dengan bergaya dan berdandan sangat ekstrim, seperti piercing atau tindikan dimana-mana dan berpakaian yang memiliki sobek di beberapa bagian. Genre musik ini juga mempunyai ciri khas dalam style. Style mereka identik dengan celana jeans ketat dan sobek, baju ketat dan memakai rompi yang belel atau lusuh, serta yang paling identik dari genre musik ini adalah rambut Mohawk ala suku Indian.
5. Musik HIPHOP

















Musik hiphop adalah musik yang dijalankan dengan beat atau hentakan yang cepat dan cara melafalkan lirik lagu dilakukan dengan cepat pula. Hip Hop musik memiliki efek yang berbeda pada banyak remaja. Di satu sisi, ditemukan jenis musik ini mempromosikan perasaan negatif, dan di sisi lain musik yang begitu energik membuat Anda ingin berdiri dan menari. Ciri dari orang-orang yang menganut aliran musik ini adalah cara pakaian mereka yang penuh dengan bling-bling (kalung, gelang, anting dll) yang warnanya kinclong atau ngejreng seperti warna emas, perak dll. Serta selalu memakai pakaian yang kedodoran atau kebesaran. Lifestyle dari para penganut genre ini menurut pandangan masyarakat aalah gaya hidup mewah. Itu semua disebabkan karena style mereka yang selalu penuh dengan perhiasan yang mewah dibadan mereka, serta tempat nongkrong mereka yang selalu di club-club dan kafe-kafe sebab musik seperti ini memang sangat cocok dimainkan di tempat tersebut. Sehingga gaya hidup mereka terkesan mewah dan glamour.
Dari sebagian contoh diatas. Kita dapat menyimpulkan bahwa musik bias merubah pola pikir, pemahaman dan gaya hidup manusia. Aliran musik jazz, dapat merubah pola pikir dan pemahaman para penganutnya agar tidak terlalu ekstrim dan selalu melankolis seperti irama yang dilantunkan dalam musik jazz tersebut. Aliran musik punk, underground dan metal, menanamkan pola pikir dan pemahaman yang sangat ekstrim dan bertentangan dengan apa yang terdapat dalam masyarakat. Serta gaya hidup yang bebas serta mengacuhkan semua pendapat negatif masyarakat terhadap mereka.

Tapi alangkah baiknya jika kita bisa menikmati setiap genre musik tanpa harus mengenal kata "idealis". Karena musik adalah pemersatu, bukan pemecah belah.

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar