Cara Kerja WEB

Written By Arga Anugrah on Senin, 24 September 2012 | 02.22.00

Cara Kerja Web - Sebelum menjelaskan cara kerja WEB, kita cari tahu dulu apa itu Web dan Internet.

Internet adalah jaringan global yang terdiri dari jutaan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan protokol yang sama untuk saling berbagi informasi. Web adalah sebuah halaman yang menampilkan informasi  tersebut di internet.

Perlu digaris bawahi bahwa Internet dan Web itu tidak sama. Dapat diibarat Web itu adalah lokasi tujuan, sedangkan Internet itu adalah akses jalannya. Sama halnya jika ingin melintasi jalan, dibutuhkan suatu sarana, baik itu jalan kaki ataupun menggunakan transportasi. Jadi, sarana untuk mengakses internet yaitu :
  • Roads and Cables
  • Rules
  • Service
Lanjut ke pembahasan bagaimana cara kerja WEB tadi. Mari kita lihat diagram berikut.


Dapat kita lihat dari diagram di atas, mula-mula pengguna internet/user memasukkan alamat website berupa URL melalui media Web Browser. Misal: user menggunakan browser Google Chrome untuk membuka situs http://anugrahuntuksemua.blogspot.com/

Lalu Web Browser menerjemahkan URL tersebut kedalam bentuk kode html untuk kemudian dikirim oleh HTTP request ke Web Server melalui TCP/IP.

Kemudian Web Server akan mencari dan mencocokkan data halaman yang direquest tadi ada atau tidak.

Jika ada, Web Server akan memberikan respon kembali ke Web Browser melalui HTTP response, dan kemudian dikirim ke user berupa display yang ditampilkan di Web Browser.

Namun, jika data halaman tidak ditemukan di database server, maka Web Browser akan menampilkan :


Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar